Sabtu, 24 Juni 2017

SERAM! INILAH 4 SUKU GAIB DI INDONESIA



        Indonesia merupakan sebuah negara yang terdiri dari berbagai pulau dan suku bangsa yang jumlahnya kurang lebih 1.340 suku dengan karakteristik yang berbeda satu dengan yang lain. Namun, dibalik keanekaragaman suku tersebut terdapat sebuah mitos mengenai 4 suku gaib yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Suku ini disebut suku gaib tidak lain karena anggotanya diyakini sebagai makhluk gaib. Berikut adalah 4 suku gaib yang keberadaannya masih misterius di Indonesia:
Hasil gambar untuk suku bati di pulau seram

1. Suku Bati, Pulau Seram
Pulau seram yang berada di bagian utara pulau Ambon, Maluku memiliki sebuah legenda tentang suku misterius yang disebut dengan suku bati. Suku bati dikatakan sebagai suku yang dapat merubah wujudnya menjadi kelelawar yang dapat terbang dan menghilang secara gaib pada malam hari. Para penduduk meyakini bahwa suku ini tinggal di sekitar wilayah gunung Kairatu pada gua-gua di hutan yang sangat terpencil. Dikatakan suku bati memiliki sosok seperti manusia dengan sayap dan postur tubuh yang tingginya mencapai 1,6 meter. Menurut mitos, suku ini suka menculik hewan dan anak-anak untuk dijadikan santapan. Cerita ini mulai terkuak dari keterangan seorang warga asing bernama Karl Shungker yang menemukan sekelompok makhluk yang memiliki bentuk manusia kelelawar pada goa di puncak gunung Kairatu. Namun hingga saat ini belum ada yang bisa membuktikan keberadaan dari suku bati sehingga keberadaan suku ini masih menjadi misteri.

Hasil gambar untuk suku limun

2. Suku Limun, Kalimantan Barat
Suku atau orang Limun merupakan suku gaib yang dipercaya mendiami sebuah kerajaan gaib di wilayah Padang 12. Tempat ini disebut Padang 12 karena luas daerah tersebut adalah 12 km persegi. Konon, kerajaan gaib ini berlokasi di sebuah lahan berpasir yang dikelilingi banyak pohon pinus di Kalimantan Barat. Masyarakat percaya bahwa Suku Limun adalah jin yang berhati baik, yang merupakan keturunan langsung malaikat Marut dan Harut. Suku limun dikatakan sebagi jin yang sering menolong dan memberi rezeki kepada manusia yang kesusahan. Namun tidak semua orang dapat melihat suku Limun. Hanya orang-orang beruntung, yaitu mereka yang berhati suci dan murni yang dapat bertemu dengan suku Limun.
Hasil gambar untuk suku bunian

3. Orang Bunian, Sumatera Barat

Orang Bunian dikenal sebagai suku gaib yang mendiami pedalaman Sumatera Barat. Suku ini merupakan makhluk halus yang keberadaannya terdapat pada dimensi lain namun memiliki sosok yang sama seperti manusia. Konon, orang Bunian mendiami tempat-tempat yang jarang dijamah manusia seperti tengah hutan, bukit-bukit tinggi, perkuburan atau bangunan-bangunan tua yang telah ditinggalkan begitu saja. Menurut cerita masyarakat, orang bunian suka menyesatkan para penjelajah dan menculik anak kecil dengan menebarkan aroma masakan yang lezat atau samba dewa. Suku bunian sering dikaitkan dengan beberapa kejadian janggal, seperti kasus hilangnya pesawat serta kasus orang yang hilang secara misterius. Masyarakat percaya bahwa siapapun yang berani memasuki kawasan Orang Bunian maka ia akan diculik dan tidak bisa kembali lagi.
Cerita dari suku ini sempat menarik perhatian para peneliti luar negeri yang percaya bahwa sebenarnya orang bunian adalah makhluk primitive yang hidup di tengah hutan. Penelitian ini akhirnya berhasil menguak beberapa fakta tentang suku ini dengan ditemukannya berbagai jejak kaki hingga rekaman video dari sebuah sosok makhluk yang misterius. Selain itu, para peniliti juga menggambarkan bahwa suku ini merupakan hasil evolusi dari kera yang berjalan dengan kedua kaki seperti manusia, namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan lebih pendek dari manusia.

Hasil gambar untuk suku paloh
4. Suku Paloh, Kalimantan Barat
                Suku Paloh merupakan sebuah suku yang mendiami kawasan hutan terpencil di desa Paloh, Kalimantan Barat. Disebutan, suku gaib ini merupakan alasan hilangnya warga desa secara misterius. Konon, peradaban suku ini sangat modern, dimana para suku gaib ini bertingkah seperti layaknya manusia biasa yang bersosialisasi, bahkan memiliki keluarga. Sekitar tahun 70 an, diceritakan bahwa ada sebuah pesawat yang menghilang secara misterius di kawasan ini. Menurut penduduk desa, pesawat itu masuk ke dunia Suku Paloh dan tidak bisa ditemukan lagi. Dikatakan, korban dari pesawat tersebut diambil oleh makhluk halus dan diangkat menjadi penduduk negeri gaib. Namun, sebelum resmi menjadi bagian dari suku gaib, penguasa Negeri Paloh dan korban melakukan tawar menawar, dimana manusia yang telah masuk ke dalam suku tersebut tidak diizinkan kembali ke alam nyata dan apabila mereka memilih untuk kembali, mereka akan meninggal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar