Minggu, 02 Juli 2017

YOGYA PLAZA: SEPENGGAL KISAH MISTIS TRAGEDI 1998



Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki banyak cerita menarik.Tentu masih kuat di ingatan kita tentang kasus kerusuhan besar-besaran yang terjadi pada tahun 1998 dimana kerusuhan ini menuntut penurunan Presiden ke-2 Negara Indonesia, Presiden Soeharto. Kerusuhan ini merupakan kerusuhan rasial yang terjadi pada etnis tionghoa, dimana banyaknya terjadi pemerkosaan dan penghancuran toko-toko milik etnis tionghoa di Indonesia.
19 tahun telah lewat sejak tragedi tersebut. Namun tampaknya waktu pun tak bisa membunuh ingatan keluarga para korban mengenai semua kejadian sadis yang terjadi pada masa itu. Nah, pada cerita kali ini gue akan mengangkat kisah dari sebuah mall yang pernah menjadi salah satu korban sadis tragedi tahun 1998.
Tempat tersebut tidak lain adalah Yogya Plaza atau saat ini kita kenal dengan sebutan Mall Klender, yang merupakan sebuah mall yang terletak di kawasan Klender, Jakarta Timur. Berikut adalah kisah lengkapnya

KRONOLOGI PERISTIWA KEBAKARAN YOGYA PLAZA

Menurut seorang saksi, 19 tahun silam sekitar pukul 10 ada beberapa truk yang terparkir di dekat mall yang berisi pasukan tentara. Mereka memulai aksi mereka dengan melempari kaca mall dengan batu hingga hancur berkeping-keping.
Setelah berhasil menghancurkan kaca-kaca mall, mereka masuk dan menjarah barang-barang yang dijual disana lalu membakar beberapa ban dan melemparkannya ke arah mall. Mereka melakukan aksi ini saat mall dalam keadaan ramai dan pada pukul 15.00 mereka lalu melempar bom molotov. Sontak saja, mall yang sempat menjadi tempat trend pada masa itu terbakar api dengan asap hitam yang membumbung tinggi.

TEWASNYA RATUSAN ORANG YANG TERPERANGKAP DAN KEJADIAN ANEH DI SEKITAR TEMPAT KEJADIAN

Berikut adalah cerita dari beberapa saksi yang gue dapat dari beberapa sumber berita pada jaman itu. Salah satunya adalah Merdeka.com. Merdeka.com sempat menuliskan sebuah kisah dari Sunarto (38) yang merupakan salah seorang saksi dari Kampung Bulak, yang mengatakan bahwa seminggu setelah pemboman tersebut terdapat penampakan makhluk halus di sekitar pusat perbelanjaan. Terdapat pula suara-suara seperti jeritan minta tolong, serta sosok perempuan hamil yang terbakar, dan anak kecil yang bermain di jalan pada waktu tengah malam.
Tidak hanya sampai disitu, cerita juga datang dari beberapa sopir angkutan umum yang menjadi korban arwah kebakaran tersebut. Dikatakan, saat itu ada sopir bajaj yang pernah mengantar penumpang hingga ke lantai 6 mall tersebut. Padahal mall tersebut sudah terbakar dan ditutupi seng. Tapi anehnya bajaj tersebut bisa sampai ke lantai 6 dan uang yang diberi oleh penumpang tersebut setelah diperiksa berubah jadi daun. Hiii, ngeri ya?

KERASUKAN MASSAL DAN PENGAJIAN RUTIN DI SEKITAR MALL

Lain cerita warga, lain pula cerita para karyawan. Menurut salah seorang karyawan, sering terjadi kerasukan di mall tersebut. Korban kerasukan tersebut sering berteriak-teriak marah. Lalu, para karyawan lain pun segera membawa korban ke tempat peristirahatan, diobati dan dibacakan doa.
Sejak saat itu, pihak Mall Klender selalu mewajibkan pengajian setiap hari Jumat, yaitu sebelum mall buka, dan setelah tutup. Selain itu, kejadian aneh juga pernah terjadi saat karyawan sedang melakukan rapat untuk pemindahan jadwal pengajian. Saat rapat tengah berjalan, tiba-tiba kaca di ruangan rapat pecah tanpa sebab yang jelas. Aduh, kasian banget. Semoga para korban dibukakan jalannya dan tenang disana……….

AREA BERBAHAYA DI SEKITAR MALL

1. Area yang dikenal angker dan berbahaya di mall tersebut adalah di sekiraran lantai tiga. Pada saat tragedi tersebut, lantai tiga dijadikan tempat oleh kru penyelamat untuk meletakkan ratusan mayat korban kebakaran. Pada saat itu, nyaris semua korban dalam keadaan hangus terbakar. Penampakan yang terkenal di lantai ini adalah penampakan seorang wanita berambut panjang yang sedang menyisir rambutnya ke arah depan wajahnya.
2. Area seram selanjutnya adalah kamar ganti. Kejadian itu terjadi saat karyawan yang bertugas mengepel lantai didaerah tersebut melihat jejak-jejak kaki berwarna hitam memenuhi ruangan kamar ganti tersebut . Terkadang muncul pula suara anak kecil yang sedang bermain di sekitar area kamar ganti.
3. Berikutnya adalah area basement 1 dan 2 yang jarang dikunjungi pengunjung. Menurut cerita terdapat sosok pria bertubuh tinggi besar yang menampakkan diri di pojok-pojok ruangan.
4. Spot terakhir adalah lift yang terdapat di Mall Klender. Hal ini disebabkan karena lift tersebut digunakan untuk mengangkut mayat-mayat korban kebakaran. Menurut karyawan, sering terdengar suara orang meminta tolong dari dalam lift yang selalu kosong tersebut. Oleh karena itu lift ini hanya dioperasikan hingga pukul 17.00.

AKHIR DARI KISAH SADIS MALL KLENDER

Pasca aksi sadis ini, para korban pemboman akhirnya dimakamkan secara massal di daerah Pondok Rangon, Jakarta Timur. Para keluarga korban hingga saat ini terus menuntut Pemerintah Negara Indonesia untuk mengusut tuntas mengenai Mei Kelabu atau tragedi Mei 1998. 


GALLERY TRAGEDI MALL KLENDER

Gambar terkait
para petugas yang berusaha memadamkan api

Hasil gambar untuk yogya plaza sebelum dan sesudah terbakar
foto tempat kejadian pacsa kebakaran


Hasil gambar untuk foto mayat di mall klender
mayat yang bergelimpangan pasca mei kelabu 1998


Tidak ada komentar:

Posting Komentar